fbpx

Untuk seorang pegawai, evaluasi kinerja yang dilakukan setiap tahunnya sangat penting. Evaluasi kinerja atau performance evaluation ini digunakan oleh perusahaan untuk melihat bagaimana kinerja seorang pegawai setiap tahunnya. Sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan mengenai langkah selanjutnya di perusahaan. Beberapa pengaruh penting evaluasi kinerja ini seperti pada peningkatan karir dan juga jabatan, kenaikan gaji, hingga untuk perhitungan bonus.

Meskipun di beberapa profesi, bonus tidak ditentukan dari evalusi kinerja pegawai. Merupakan dari hasil performa sepanjang tahun. Namun tetap saja, evaluasi kinerja akan mempengaruhi beberapa hal mengenai perkembangan karir seorang pegawai. Untuk itu, kemampuan menulis surat evaluasi kinerja ini juga sangat penting. Ada beberapa hal yang wajib Anda sertakan di dalam surat evaluasi kinerja ini. Selain itu juga terdapat poin demi poin yang wajib disertakan ke dalam surat evaluasi ini.

Di beberapa perusahaan biasanya terdapat form tersendiri yang bisa diisi oleh pegawai untuk melengkapi data di dalam evaluasi kinerja tahunan ini. Namun sayangnya, banyak juga perusahaan yang hanya meminta pegawai untuk langsung membuat surat performance evaluation mereka. Bila begini, tentu saja semakin rawan Anda melakukan kesalahan dalam penulisan.

Untuk itu, di bawah ini kami memberikan 5 tips menulis surat evaluasi kinerja tahunan. Tips yang kami berikan berikut ini juga mencakup apa saja yang sebaiknya disertakan ke dalam surat evaluasi tersebut serta apa yang tidak. Di bawah ini ya tipsnya!

1. Tunjukan rasa bangga

Banyak karyawan yang hanya menuliskan pencapaian mereka secara umum di surat evaluasi kinerja ini. Padahal bukan seperti itu yang ingin dilihat oleh manajer dan juga pemimpin perusahaan. Mereka ingin melihat dengan benar apa yang berhasil Anda capai dan raih selama masa waktu tertentu. Jadi pastikan memberikan semua pencapaian tersebut secara detail.

Satu hal yang ingin dilihat manajer atau pun pemimpin perusahaan dari surat evaluasi kinerja para pegawainya adalah hasil yang mereka capai. Untuk itu sebelum membuat rincian mengenai proyek apa yang berhasil Anda selesaikan dan juga pencapaian yang diraih selama satu (atau 6 bulan) bekerja, pastikan Anda merasa bangga lebih dulu. Rasa bangga yang Anda rasakan inilah yang nantinya bisa ditunjukan dalam tulisan yang dibuat.

Rasa bangga yang Anda tunjukan dengan membuat rincian detail untuk prestasi dan pencapaian yang diraih akan membuat surat evaluasi kinerja Anda lebih baik dari pada lainnya.

2. Menjadi jujur dan kritikal

Pada poin pertama, Anda memang dianjurkan memiliki rasa bangga pada pencapaian yang berhasil di raih. Namun di sisi lain, Anda juga sebaiknya menunjukan kejujuran dan juga sikap kritikal. Kedua hal ini bisa diperlihatkan pada saat Anda mengakui apa yang menjadi kekurangan. Namun tak cukup hanya sekedar kekurangan saja. Namun apa yang bisa diperbaiki dari hal tersebut.

Katakan saja seperti ini. Anda menunjukan bahwa selama kurung waktu tertentu di perusahaan, ada masanya Anda tidak bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dan proyek yang diberikan. Kejujuran ini yang sangat penting untuk dituangkan di dalam surat evaluasi kinerja. Di sisi lain, kritikal juga diperlukan di sini. Anda bisa mengkritik diri sendiri serta performa yang ditunjukan di sebuah pekerjaan.

Tentunya kemudian diikuti dengan keinginan serta semangat untuk memperbaiki kekurangan yang Anda kritik tersebut. Poin ini memperlihatkan bagaimana Anda memiliki semangat yang tinggi dalam pekerjaan yang dilakukan. Serta tentunya keinginan untuk memperbaiki diri dan berusaha lebih keras lagi.

Baca Juga :   Tips dan Trik Untuk Berhenti Dari Pekerjaan

3. Keinginan untuk bertumbuh

Masih berhubungan dengan poin kedua, pada poin ini Anda wajib memastikan menunjukan keinginan untuk tumbuh. Tentunya menjadi lebih baik. Pada poin di atas, kami memberikan contoh bagaimana Anda sebaiknya menunjukan pertanda untuk hal yang bisa dilakukan. Untuk memberikan aksi dan juga performa yang lebih baik.

Ada banyak sekali cara untuk menunjukan keinginan bertumbuh di dalam surat evaluasi kinerja ini. Salah satunya dengan menunjukan usaha apa yang Anda lakukan untuk bisa terus bertumbuh dan juga berusaha lebih baik.

Anda juga harus memperlihatkan keinginan tumbuh bukan hanya muncul karena kritikan jujur yang diberikan pada diri sendiri. Namun juga rasa tidak puas dengan pencapaian yang dibuat. Hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan memberikan ide atau pun pandangan apa yang sebaiknya dilakukan untuk meraih prestasi dan juga hasil yang lebih baik berikutnya.

4. Berikan bukti pencapaian

Mudah memang membuat daftar apa saja yang berhasil Anda capai selama 6 bulan hingga 1 tahun. Kinerja seperti apa yang Anda tunjukan dalam waktu tersebut. Namun, bisakah Anda menunjukan bukti dari pencapaian tersebut?

Pada saat membuat surat evaluasi kinerja, sebaiknya Anda sudah memiliki sederet bukti dari pencapaian hingga hasil yang didapat. Bukti ini bisa berupa banyak hal yang menunjukan proyek yang Anda jalankan berlangsung sukses seperti seharusnya, misalnya. Bisa juga berupa testimoni kepuasan klien bila Anda bekerja di bidang jasa. Bila perlu, berikan bukti penghargaan dan lain-lain yang didapatkan dari pencapain tersebut.

Banyak yang menyebut menulis surat evaluasi kinerja ini bisa diandaikan Anda memamerkan pencapaian dan prestasi yang didapat. Jadi jangan ragu untuk memperlihatkan semua bukti yang dimiliki dari pencapaian yang Anda raih tersebut.

5. Profesional

Tips terakhir dalam menulis evaluasi kinerja ini, tetap pertahankan sikap profesional. Pastikan Anda menggunakan tata bahasa hingga cara penulisan sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan. Selain itu juga tunjukan profesionalitas dengan penulisan yang rapi. Bahkan hingga bukti yang diberikan pun diatur dalam layout yang terlihat rapi dan juga profesional.

Tampilan surat evaluasi kinerja yang profesional ini sangat penting diperhatikan. Hal ini akan menjadi poin penilaian lain dari perusahaan pada para pegawainya.

Selain tips di atas, beberapa hal lain yang harus diperhatikan pada saat menulis evaluasi kinerja ini seperti pastikan mengumpulkan tepat waktu. Ini akan sangat memperlihatkan bagaiamana kedisiplinan Anda untuk menyelesaikan kewajiban. Selain itu juga pastikan proses pembuatan surat ini tak menghambat Anda dengan pekerjaan lainnya.

Setelah tips di atas, sudah tak ragu atau pun kesulitan lagi bukan dalam membuat performance evaluation atau evaluasi kinerja ini?

Daftarkan diri dan publikasikan profesional Anda dengan bergabung bersama loowork