fbpx

Saat ini, bekerja dari rumah sudah bukan menjadi hal yang unik atau pun asing lagi. Banyak pegawai yang lebih memilih untuk bekerja dari rumah dengan berbagai alasan. Mulai dari demi kemudahan kerja itu sendiri hingga karena jarak tempuh rumah dan kantor yang terlalu jauh. Bahkan banyak pengamat yang memprediksi bahwa beberapa tahun dari sekarang, kerja dari rumah akan menjadi sebuah pilihan yang semakin umum dilakukan. Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang saat ini lebih banyak dilakukan dari rumah. Seperti misalnya freelance, remote worker, hingga penggerak bisnis rumahan.

Bekerja dari rumah memang sudah semakin wajar saja saat ini. Pendapatan hingga keuntungan bisnis yang didapatkan dari bekerja dari rumah pun diakui sama besar, bahkan mungkin lebih. Selain itu juga bukan tidak mungkin pegawai bisa mendapatkan peningkatan karir meskipun bekerja secara remote atau pun freelance dari rumah. Namun selain itu, juga penting sekali untuk diperhatikan beberapa hal lain mengenai bekerja dari rumah ini. Salah satunya, kebiasan yang disadari atau tidak dilakukan para freelance hingga remote worker.

Di bawah ini misalnya kami memiliki sederet kebiasaan yang akan sangat berpengaruh pada pegawai yang bekerja dari rumah. Entah itu pengaruh baik atau pun buruk. Berikut ini kami akan menguraikan kebiasaan-kebiasaan baik serta buruk yang kerap kali dilakukan pada saat para pegawai tidak bekerja dari kantor.

Kebiasaan buruk

Sebelum membahas apa saja kebiasaan baik yang biasa terjadi, di bawah ini merupakan beberapa kebiasaan buruk yang memperlambat bahkan menggangu perkembangan karir Anda saat bekerja dari rumah. Kebiasaan-kebiasaan di bawah ini mungkin tidak Anda sadari sama sekali. Padahal, inilah yang menjadi alasan mengapa karir Anda macet atau terganggu ketika mulai bekerja sebagai remote worker.

1. Melupakan etika bekerja

Entah itu Anda seorang freelancer, remote worker, atau pun pebisnis yang membangun bisnis rumahan sebaiknya tidak melupakan etika bekerja. Banyak pegawai yang langsung melupakan etika bekerja ketika mereka tidak lagi harus datang ke kantor. Padahal meskipun posisi Anda berada di rumah, Anda tetap saja harus bekerja. Sehingga melupakan etika bekerja seharusnya tidak dilakukan. Ada banyak sekali etika bekerja yang begitu saja dilupakan pada saat Anda sudah tidak lagi harus bekerja di kantor. Tanpa Anda sadari, hal inilah yang menghambat perkembangan karir Anda sendiri.

Etika bekerja ini erat hubungannya dengan profesionalisme. Jadi meskipun Anda tidak berada di kantor dan mengenakan baju rapi pada saat bekerja, etika serta profesionalitas harus tetap dijaga.

Mulai dari bagaimana etika ketika menjawab telepon mengenai pekerjaan. Baik itu dari klien hingga rekan kerja. Hingga pada saat mengirim email. Anda harus tetap memegang teguh etika serta profesionalisme ini.

2. Mudah terditraksi

Bekerja dari rumah sepertinya menyenangkan sekali, bukan? Anda bisa bekerja dengan mengenakan baju santai. Duduk atau pun bekerja sembari berbaring pun tak akan ada yang melarang. Atau bahkan bekerja sambil menonton film di televisi? oke saja. Untuk para ibu rumah tangga pun, bekerja dari rumah menjadi sebuah pilihan paling tepat. Mereka bisa sembari menjaga rumah serta anak-anak.

Padahal dibalik sisi menyenangkan dari bekerja di rumah tersebut, ada banyak sekali distraksi yang menggagu pekerjaan Anda. Bayangkan saja, Anda bekerja sambil menonton film misalnya. Perhatian akan mudah teralih pada film yang ditonton. Begitupun bila misalnya Anda bekerja sembari mengasuh anak. Maka distraksi tersebut semakin besar.

3. Menghindari komunikasi tatap muka

Untuk para freelancer dan juga remote worker, bekerja dari rumah merupakan “pelarian” dari keharusan berhubungan dengan rekan kerja. Hingga ketika harus berhadapan dengan atasan. Padahal hal tersebut tentunya sangat salah dimana Anda tak boleh melupakan pentingnya komunikasi tatap muka ini sendiri.

Baca Juga :   Melakukan Kesalahan Dalam Pekerjaan? Bukan Akhir Dunia! Lakukan 5 Hal Berikut Ini

Kebiasaan baik

Setelah sederet kebiasaan buruk di atas, ada juga beberapa kebiasaan baik yang bisa membantu Anda meningkatkan karir saat bekerja di rumah. Anda tentunya paham bahwa harus mempertahankan kebiasaan baik ini dan meninggalkan kebiasaan buruk yang kami berikan di atas, bukan?

1. Disiplin

Banyak survery yang menyebut bahwa bekerja dari rumah juga membantu seseorang menjadi lebih disiplin. Pasalnya, mereka memiliki dateline atau tenggang waktu yang harus dipenuhi. Hal inilah yang sangat penting dan akhirnya “memaksa” mereka untuk menjadi lebih disiplin.

Nah bila Anda merasa diri sendiri belum bisa disiplin, terutama dengan banyaknya distraksi maka sebaiknya mempertimbangkan lagi untuk bekerja di rumah. Bisa juga Anda mulai melatih diri sendiri untuk menjadi lebih disiplin demi meningkatkan karir serta bisnis rumahan yang sedang dijalankan.

Terdengar tidak sulit untuk dilakukan bukan?

2. Pastikan tetap ter-update

Untuk Anda yang bekerja di rumah sebagai remote worker, jangan biarkan Anda ketinggalan informasi hingga update terbaru dari perusahaan. Ada banyak cara tentunya yang bisa dilakukan. Mulai dari menjalin komunikasi yang lebih lancar hingga memastikan untuk bertemu tatap muka dalam beberapa kesempatan berbeda.

Tetap ter-update ini bukan hanya yang berkaitan dengan keadaan pekerjaan serta perusahaan. Namun juga berita di sekililing Anda. Hal ini penting untuk para pekerja freelance dan juga pebisnis rumahan. Memastikan diri Anda mendapatkan update terbaru mengenai berita, tren, hingga kabar di sekitar sangat penting.

Jadi jangan biarkan Anda terkukung dalam dunia milik Anda sendiri karena bekerja dari rumah.

3. Kebebasan waktu

Ketika Anda bekerja di rumah sebagai freelancer atau remote worker Anda memiliki banyak waktu dan kebebasan waktu dimana Anda bisa mengatur jam kerja Anda sendiri. Akan tetapi terkadang kebebasan waktu itu sendiri membuat Anda menunda-nunda pekerjaan karena alasan tertentu apalagi jika Anda sudah memiliki keluarga, Anda harus pintar membagi waktu tersebut agar pekerjaan bisa tetap diselesaikan.

Bekerja dari rumah memang beresiko membuat Anda enggan keluar rumah dan juga bergaul. Jadi pastikan hal tersebut tak terjadi dan Anda tetap terhubung dengan lingkungan sosial ya.

Sudah siap meraih peningkatan karir meskipun bekerja dari rumah dengan menghindari kebiasaan buruk serta menjalankan kebiasaan baik di atas?